Langsung ke konten utama

Proyek Akhir Part 1





A.    Judul
RANCANG BANGUN SISTEM ADMINISTRASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA KLINIK PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR.
B.     Latar Belakang Masalah
Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi dari fungsi aparat negara sebagai pelayan masyarakat sehingga kedudukan aparatur pemerintah dalam pelayanan umum (public services) sangat strategis karena menentukan sejauhmana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat. Salah satunya perlu disusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. 
Pelayanan publik dewasa ini yang dilakukan oleh Aparatur Pemerintah masih banyak dijumpai kelemahan-kelemahan seperti data tidak valid, kesalahan perhitungan data ataupun arsip yang berantakan.
Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat khususnya di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
Dengan menggunakan aplikasi  ini bagian Klinik Pendidikan lebih mudah menganalisa nilai indeks kepuasan masyarakat dan merekap setiap keluhan sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
C. Perumusan Masalah
Bagaimana Merancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
D. Batasan Masalah
a. Data untuk simulasi diambil pada bagian Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada periode 2016. 
b. Sistem yang dibahas meliputi:
1.      Perhitungan penilaian indeks kepuasan masyarakat
2.      Perhitungan keluhan masyarakat.
3.      Registrasi masyarakat.
4.      Tindak lanjut indeks kepuasan masyarakat.
5.      Tindak lanjut yang dilakukan hanya IKM yang dinilai rendah saja
6.      Aplikasi ini tidak berbasis client server.
E. Tujuan
Tujuan dari penelitian ini merancang bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
F. Manfaat
Manfaat diterapkannya “Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.” ini adalah sebagai berikut:
1.  Admin Klinik Pendidikan
a. Mempermudah survey terhadap masyarakat.
b. Membantu proses analisa atau perhitungan indeks kepuasan masyarakat.
2. Kepala Bagian Klinik Pendidikan
Dapat memperoleh laporan survey indeks kepuasan masyarakat dan keluhan masyarakat dengan akurat.
3.  Masyarakat
a. Memberikan kemudahan untuk melakukan survey terhadap unsur pelayanan.
b. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menilai kinerja pelayanan 
G. Desain Sistem Secara Umum




Proyek Akhir
DIII Manajemen Informatika
Stikom Surabaya
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Institut Berkualitas
Dosen Titik Lusiani
------------------------
Wassalamualaikum Wr.Wb
Semoga Bermanfaat, Septi Aisyah Duanasari
DIII Manajemen Informatika (http://www.mi.stikom.edu)
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom., OCP.

Postingan populer dari blog ini

Proyek Akhir Part 3

Desain Sistem Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Judul Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur 1.       System Flow Registrasi   Gambar 1 2.       System Flow IKM   Gambar 2 3.       System Flow Keluhan   Gambar 3 4.       System Flow Tindak Lanjut Keluhan Gambar 4 5.       Context Diagram Gambar 5 Pada context diagram akan digambarkan external entity apa saja yang terlibat dalam sistem. Context diagram sistem ini terdiri dari 3 entitas, yaitu entitas petugas, entitas   user(masyarakat)   dan entitas sekretaris dinas. 6.       DFD Level 0 Gambar 6 Gambar 6 merupakan penjelasan lebih rinci dari   Context Diagram   yang telah dibuat. Pada DFD level 0 terdapat lima macam proses. Pertama adalah proses input data master, yang kedua adalah proses registrasi, yang k

Proyek Akhir Part 2

Artikel Identifikasi Masalah Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. A.       Judul Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur B.        Document Flow       1. Docflow Registrasi Gambar 1 Document Flow   Proses Registrasi merupakan proses manual, dimulai dari petugas yang memberi form registrasi kepada masyarakat. Selanjutnya formulir akan divalidasi oleh petugas. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 1. 2. Docflow Tindak Lanjut Gambar 2 Document Flow  Proses Tindak Lanjut merupakan proses manual, dimulai dari masyarakat memberikan data keluhan kepada petugas, kemudian petugas menganalisa dan memberikan solusi dari data keluhan tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 2. 3. Docflow Keluhan Masyarakat   Gambar 3 Document Flow   Keluhan merupakan proses manual, dim

Proyek Akhir Part 4

Gambaran Umum Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Untuk Gambar docflow ada di Proyek Akhir Part 2 ( http://septiaisyahri.blogspot.co.id/2017/03/proyek-akhir-part-2.html ) Untuk Gambar sysflow, DFD dan ERD ada di Proyek Akhir Part 3 ( http://septiaisyahri.blogspot.co.id/2017/03/proyek-akhir-part-3.html ) Proyek Akhir DIII Manajemen Informatika Stikom Surabaya Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya Institut Berkualitas Dosen Titik Lusiani ------------------------ Wassalamualaikum Wr.Wb Semoga Bermanfaat, Septi Aisyah Duanasari Email : septiaisyahri@gmail.com DIII Manajemen Informatika ( http://www.mi.stikom.edu ) Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom., OCP. http://blog.stikom.edu/lusiani http://titiklusiani.wordpress.com http://www.stikom.edu