A.
Judul
RANCANG BANGUN SISTEM ADMINISTRASI INDEKS KEPUASAN
MASYARAKAT PADA KLINIK PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR.
B. Latar Belakang Masalah
Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada
masyarakat merupakan implikasi dari fungsi aparat negara sebagai pelayan
masyarakat sehingga kedudukan aparatur pemerintah dalam pelayanan umum (public
services) sangat strategis karena menentukan sejauhmana pemerintah mampu
memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat. Salah satunya perlu
disusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolok ukur untuk menilai
tingkat kualitas pelayanan.
Pelayanan publik dewasa ini yang dilakukan oleh Aparatur
Pemerintah masih banyak dijumpai kelemahan-kelemahan seperti data tidak valid,
kesalahan perhitungan data ataupun arsip yang berantakan.
Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan
Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada
masyarakat khususnya di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
Dengan menggunakan aplikasi ini bagian Klinik
Pendidikan lebih mudah menganalisa nilai indeks kepuasan masyarakat dan merekap
setiap keluhan sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan.
C. Perumusan Masalah
Bagaimana Merancang Bangun Sistem Administrasi Indeks
Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa
Timur.
D. Batasan Masalah
a. Data untuk simulasi diambil pada bagian Klinik
Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada periode 2016.
b. Sistem yang dibahas meliputi:
1.
Perhitungan penilaian indeks kepuasan
masyarakat
2.
Perhitungan keluhan masyarakat.
3.
Registrasi masyarakat.
4.
Tindak lanjut indeks kepuasan masyarakat.
5.
Tindak lanjut yang dilakukan hanya IKM yang
dinilai rendah saja
6.
Aplikasi ini tidak berbasis client server.
E. Tujuan
Tujuan dari penelitian ini merancang bangun Sistem
Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan
Provinsi Jawa Timur.
F. Manfaat
Manfaat diterapkannya “Rancang Bangun Sistem Administrasi
Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi
Jawa Timur.” ini adalah sebagai berikut:
1. Admin Klinik Pendidikan
a. Mempermudah survey terhadap masyarakat.
b. Membantu proses analisa atau perhitungan
indeks kepuasan masyarakat.
2. Kepala Bagian Klinik Pendidikan
Dapat
memperoleh laporan survey indeks kepuasan masyarakat dan keluhan masyarakat
dengan akurat.
3. Masyarakat
a. Memberikan kemudahan untuk melakukan survey
terhadap unsur pelayanan.
b. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk
menilai kinerja pelayanan
G. Desain Sistem Secara Umum
Proyek Akhir
DIII Manajemen Informatika
Stikom Surabaya
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Institut Berkualitas
Dosen Titik Lusiani
------------------------
Wassalamualaikum Wr.Wb
Semoga Bermanfaat, Septi Aisyah Duanasari
Email : septiaisyahri@gmail.com
DIII Manajemen Informatika (http://www.mi.stikom.edu)
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom., OCP.