Desain
Sistem Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada
Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
Judul
Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan
Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
1.
System Flow Registrasi
Gambar 1
2.
System Flow IKM
Gambar 2
3.
System Flow Keluhan
Gambar 3
4.
System Flow Tindak
Lanjut Keluhan
Gambar 4
5.
Context Diagram
Gambar 5
Pada context diagram akan digambarkan external entity apa
saja yang terlibat dalam sistem. Context diagram sistem ini terdiri dari 3
entitas, yaitu entitas petugas, entitas user(masyarakat) dan entitas sekretaris dinas.
6.
DFD Level 0
Gambar 6
Gambar 6 merupakan penjelasan lebih rinci dari Context Diagram yang telah dibuat. Pada DFD level 0
terdapat lima macam proses. Pertama adalah proses input data master, yang kedua
adalah proses registrasi, yang ketiga adalah proses pengisian IKM, yang keempat
adalah proses pengisian keluhan, dan yang kelima adalah proses tindak lanjut
keluhan.
7.
DFD Level 1 Master Data
Gambar 7
Gambar 7 merupakan menjelaskan menjelaskan DFD level 1 dari
input master data. Terdapat proses master data user, data pertanyaan, dan data
rentang nilai.
8.
DFD Level 1 Registrasi
Gambar 8
Pada Gambar 8 menjelaskan DFD level 1 dari registrasi. Pada
DFD level 1 transaksi ini, terdapat dua proses yaitu validasi data dan proses
menyimpan data identitas.
9.
DFD Level 1 Input IKM
Gambar 9
Pada
Gambar 9 menjelaskan Pada DFD level 1 pengisian form IKM ini, terdapat dua
macam proses yaitu menyimpan data ikm dan membuat laporan IKM.
10.
DFD Level 1 Input
Keluhan
Gambar 10
Pada
Gambar 10 DFD level 1 pengisian keluhan ini, terdapat dua macam proses yaitu
menyimpan data keluhan dan membuat laporan keluhan.
11.
DFD Level 1 Tindak
Lanjut Keluhan
Gambar 11
Pada
Gambar 11 DFD level 1 menjelaskan menjelaskan DFD level 1 dari proses tindak
lanjut keluhan. Pada DFD level 1 transaksi ini, terdapat empat proses yaitu
pencarian unsur keluhan, pengajuan solusi, persetujuan solusi dan pembuatan
laporan tindak lanjut keluhan.
12. ERD (CDM)
12. ERD (CDM)
Gambar 12
Pada Gambar 12 menjelaskan masing-masing tabel
mempunyai relasi ke tabel-tabel yang lain.
13. ERD (PDM)
Gambar 13
Pada Gambar 13 merupakan
struktur database yang saling terintegrasi dan saling
berhubungan.
Proyek
Akhir
DIII
Manajemen Informatika
Stikom
Surabaya
Institut
Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Institut
Berkualitas
Dosen
Titik Lusiani
------------------------
Wassalamualaikum
Wr.Wb
Semoga
Bermanfaat, Septi Aisyah Duanasari
Dosen
Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom., OCP.