Langsung ke konten utama

Proyek Akhir Part 3



Desain Sistem Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Judul
Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

1.      System Flow Registrasi
 Gambar 1
2.      System Flow IKM
 Gambar 2
3.      System Flow Keluhan
 Gambar 3
4.      System Flow Tindak Lanjut Keluhan
Gambar 4
5.      Context Diagram
Gambar 5
Pada context diagram akan digambarkan external entity apa saja yang terlibat dalam sistem. Context diagram sistem ini terdiri dari 3 entitas, yaitu entitas petugas, entitas user(masyarakat) dan entitas sekretaris dinas.
6.      DFD Level 0
Gambar 6
Gambar 6 merupakan penjelasan lebih rinci dari Context Diagram yang telah dibuat. Pada DFD level 0 terdapat lima macam proses. Pertama adalah proses input data master, yang kedua adalah proses registrasi, yang ketiga adalah proses pengisian IKM, yang keempat adalah proses pengisian keluhan, dan yang kelima adalah proses tindak lanjut keluhan.
7.      DFD Level 1 Master Data
Gambar 7
Gambar 7 merupakan menjelaskan menjelaskan DFD level 1 dari input master data. Terdapat proses master data user, data pertanyaan, dan data rentang nilai.
8.      DFD Level 1 Registrasi
Gambar 8
Pada Gambar 8 menjelaskan DFD level 1 dari registrasi. Pada DFD level 1 transaksi ini, terdapat dua proses yaitu validasi data dan proses menyimpan data identitas.
9.      DFD Level 1 Input IKM
Gambar 9
Pada Gambar 9 menjelaskan Pada DFD level 1 pengisian form IKM ini, terdapat dua macam proses yaitu menyimpan data ikm dan membuat laporan IKM.
10.  DFD Level 1 Input Keluhan
Gambar 10
Pada Gambar 10 DFD level 1 pengisian keluhan ini, terdapat dua macam proses yaitu menyimpan data keluhan dan membuat laporan keluhan.
11.  DFD Level 1 Tindak Lanjut Keluhan
                                                                                                                
Gambar 11
Pada Gambar 11 DFD level 1 menjelaskan menjelaskan DFD level 1 dari proses tindak lanjut keluhan. Pada DFD level 1 transaksi ini, terdapat empat proses yaitu pencarian unsur keluhan, pengajuan solusi, persetujuan solusi dan pembuatan laporan tindak lanjut keluhan. 
12. ERD (CDM)


Gambar 12
Pada Gambar 12 menjelaskan masing-masing tabel mempunyai relasi ke tabel-tabel yang lain. 
13. ERD (PDM)
 
Gambar 13
Pada Gambar 13 merupakan struktur database yang saling terintegrasi dan saling berhubungan.

Proyek Akhir
DIII Manajemen Informatika
Stikom Surabaya
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Institut Berkualitas
Dosen Titik Lusiani
------------------------
Wassalamualaikum Wr.Wb
Semoga Bermanfaat, Septi Aisyah Duanasari
DIII Manajemen Informatika (http://www.mi.stikom.edu)
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom., OCP.


Postingan populer dari blog ini

Proyek Akhir Part 4

Gambaran Umum Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Untuk Gambar docflow ada di Proyek Akhir Part 2 ( http://septiaisyahri.blogspot.co.id/2017/03/proyek-akhir-part-2.html ) Untuk Gambar sysflow, DFD dan ERD ada di Proyek Akhir Part 3 ( http://septiaisyahri.blogspot.co.id/2017/03/proyek-akhir-part-3.html ) Proyek Akhir DIII Manajemen Informatika Stikom Surabaya Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya Institut Berkualitas Dosen Titik Lusiani ------------------------ Wassalamualaikum Wr.Wb Semoga Bermanfaat, Septi Aisyah Duanasari Email : septiaisyahri@gmail.com DIII Manajemen Informatika ( http://www.mi.stikom.edu ) Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom., OCP. http://blog.stikom.edu/lusiani http://titiklusiani.wordpress.com http://www.stikom.edu

Proyek Akhir Part 1

A.     Judul RANCANG BANGUN SISTEM ADMINISTRASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA KLINIK PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR. B.      Latar Belakang Masalah Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi dari fungsi aparat negara sebagai pelayan masyarakat sehingga kedudukan aparatur pemerintah dalam pelayanan umum (public services) sangat strategis karena menentukan sejauhmana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat. Salah satunya perlu disusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan.  Pelayanan publik dewasa ini yang dilakukan oleh Aparatur Pemerintah masih banyak dijumpai kelemahan-kelemahan seperti data tidak valid, kesalahan perhitungan data ataupun arsip yang berantakan. Rancang Bangun Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi J...